Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan



SANTARA adalah platform yang membantu Anda untuk terhubung dengan bisnis UKM profitable yang membutuhkan investasi. Melalui Santara Anda dapat berinvestasi pada bisnis UKM favorit Anda. Caranya, Anda hanya cukup membeli saham usaha UKM di platform Santara, maka Anda akan mendapatkan passive income beruapa bagi hasil secara rutin dari bisnis UKM tersebut.
Peran SANTARA dalam mempertemukan investor dan bisnis UKM adalah :
  1. Melakukan seleksi terhadap bisnis UKM yang ingin mendapatkan pendanaan.
  2. Menyediakan system penggalangan dana investasi (crowdifunding).
  3. Menyedikan system untuk mendistribusikan bagi hasil usaha UKM.
  4. Melakukan pengawasan kepada bisnis UKM agar melakukan operasional bisnis dan pembagian hasil usaha sesuai dengan perjanjian.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir “kalau berinvestasi pada bisnis UKM, kenapa tidak secara langsung saja?.

Betul, Anda bisa saja mencari pebisnis UKM yang bisnisnya bagus dan sedang berencana ekspansi. Anda bisa saja melakukan negosiasi sendiri dan kalau beruntung Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang menarik untuk bekerjasama investasi dengan UKM tersebut. Namun Santara memberikan Anda 5 kemudahan bagi Anda untuj berinvestasi di bisns UKM.

Yang SANTARA bisa tawarkan untuk Anda diantaranya :

  1. Bisnis yang bergabung ialah bisnis yang berkualitas dan profitable.

    Tim SANTARA melakukan seleksi yang ketat dalam menerima bisnis yang bergabung di SANTARA. Bandingkan jika Anda berinvestasi sendiri, Anda sendiri harus melakukan penilaian terhadap UKM tersebut.

  2. Ada banyak pilihan bisnis UKM.

    Jika Anda ingin berinvestasi di banyak bisnis, maka SANTARA adalah tempat yang tepat. Anda tidak perlu mencari dan berkenalan dengan owner bisnis yang Anda mau satu per satu. SANTARA menawarkan bisnis-bisnis UKM dari berbagai bidang mulai dari kuliner, jasa, manufaktur dan lain sebagainya yang bisa Anda pilih sesuka hati.

  3. Passive Income, tidak perlu terlibat operasional

    Berinvestasi pada UKM di SANTARA memungkinkan Anda mendapatkan bagi hasil usaha UKM tanpa perlu terlibat dalam operasional UKM yang Anda investasikan.

  4. Praktis, Semua Layanan Dalam Satu Platform

    Proses memilih UKM, investasi hingga mendapatkan bagi hasil bisa dilakukan di satu platform saja.

  5. Modal terjangkau

    Dengan system crowdinvesting maka berinvestasi di bisnis UKM di SANTARA bisa dimulai dengan modal yang sangat terjangkau. Mulai dari ribuan rupiah saja.

  6. Bisa Exit Kapanpun

    Ketika Anda membutuhkan dana dan hendak mencarikan kembali dana investasi Anda, Anda bisa langsung menjual kembali saham melalui bursa Santara.

Saham adalah satuan jumlah investasi yang ingin Anda berikan kepada bisnis UKM yang Anda pilih.

Misalkan sebuah bisnis membutuhkan dana 500 juta rupiah dan menawarkan saham per 5000 ribu rupiah.

Artinya, ada 100.000 saham yang ditawarkan dan Anda bisa menanamkan dana investasi sesuai jumlah saham.

Jumlah dana yang dikumpulkan sudah ditetapkan di saat pengajuan sehingga jumlah saham terbatas setiap kali penerbitannya.

Setelah melakukan pembelian, Anda akan dikirimi bukti investasi berupa e-sertifikat.

Kemudian setelah masa penjualan saham UKM tersebut selesai, Anda akan dikirimi saldo saham sejumlah yang Anda beli maksimal 7 hari setelah soldout.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu masa pembagian bagi hasil usaha UKM tersebut.

Bisa. Inilah kelebihan di Santara.

Ketika Anda butuh dana atau ingin exit dari kerjasama bagi hasil ini Anda dapat langsung menjualnya melalui Bursa Santara.

Untuk mulai berinvestasi pada UKM yang bergabung di SANTARA, Anda bisa mulai dari Harga per satu saham di tiap UKM. Bisa 1 saham = 5000 rupiah, 7000 rupiah dan seterusnya tiap UKM bisa memiliki harga saham yang berbeda.
Agar banyak orang yang bisa merasakan manfaat dari investasi ini, maka setiap orang maksimal hanya dapat membeli 10% dari total dana investasi yang dibutuhkan.
Persentase bagi hasil tiap UKM bisa berbeda-beda, ada yang menawarkan 20%, 30%, bahkan 50% dari profit bersih usahanya

Perhitungan bagi hasilnya adalah jumlah dana yang Anda investasikan dibagi total dana investasi di kali 50% dari profit bersih usaha UKM.

Contoh Anda memiliki 1000 saham Yamie Panda

Diketahui jumlah saham Yamie Panda adalah 110.000 saham dan total bagi hasil yang akan didistribusikan ke investor adalah 100 juta.

Maka perhitungan bagi hasil yang akan Anda dapatkan adalah 1000/110.000 x 100.000.000 = 909.090 rupiah

Sebagai Investor, Anda harus menganalisa dan memahami jenis bidang usaha UMKM dan juga membaca prospektus dan proyeksi bagi hasil yang ditawarkan dan presentasikan oleh UMKM.

Selain itu Anda harus mempelajari project dan rencana penggunaan modal oleh UMKM apakah secara logika mampu menaikan skala usaha UMKM dan menaikan pendapatan keuntungan UMKM untuk dibagikan kepada Crowd Investor.

Sebagai Penyelanggara Equity Crowdfunding, Santara melakukan upaya-upaya dalam meminimalisasi RESIKO Crowd Investor diantaranya adalah :

  1. SELEKSI

    Santara Melakukan seleksi yang ketat terhadap UKM yang mengajukan penerbitan saham.

    Berbagai kriteria mulai Dari legalitas, feasibilitas (kelayakan), kesehatan financial, peluang ke depannya hingga kredibilitas owner/manajemen menjadi kriteria yang tidak bisa ditawar.

  2. EDUKASI

    Memberikan edukasi kepada investor sehingga investor dapat mengambil keputusan dengan logis.

  3. TRANSPARANSI

    Mengumpulkan dan Memberikan data yang valid secara transparan.

  4. EVALUASI

    Melakukan evaluasi atas jalannya kerjasama, performa perusahaan, melakukan audit hingga memberikan bantuan ataupun masukan jika diperlukan agar bisnis UKM tersebut makin maju.

UMKM yang lolos seleksi untuk terdaftar di SANTARA kami pastikan usaha yang memang profitable bagi pemilik usaha dan untuk investor.

Emas dan tanah merupakan asset investasi yang passive. Sementara bisnis merupakan asset ang aktif, dalam kegiatan bisnis uang diputarkan dalam kegiatan usaha yang mampu menghasilkan dana lebih cepat dan banyak.

Selain itu, ketika dana diinvestasikan ke dalam bisnis, lalu bisnis tersebut berjalan dan makin besar maka dampaknya tidak hanya pada bisnis tersebut, namun juga kepada lingkungan seperti terciptanya lapangan kerja hingga jaringan supplier dan pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Anda bisa mulai berinvestasi di SANTARA setiap kali ada UKM baru yang membuka crowdinvesting atau penggalangan dana investasi.
Customer Service